Jumat, 22 Mei 2015

Mengenal Steam Drum pada Boiler

Steam Drum
Steam Drum merupakan salah satu komponen boiler yang penting. fungsi dari steam drum dalam  boiler adalah:
  • ·         Mencampur air umpan dan menampung air umpan
  • ·         Memasok air ke evaporator melalui downcomers.
  • ·         Memisahkan air dan uap dalam ruang bakar.
  • ·         Menghilangkan kotoran-kotoran yang terlarut dalam boiler.
  • ·         Memasok uap jenuh
  • ·         Bertindak sebagai titik acuan untuk air umpan kontrol


Prinsip uap Drum
Prinsip steam drum divisualisasikan dalam 2 bagian. Feedwater dari economizer memasuki steam drum. Air disalurkan melalui nozel steam drum sparger, diarahkan ke bagian bawah drum dan kemudian melalui downcomers ke header .  Internal Drum membantu untuk memisahkan uap dari air.

Aliran Air dan uap steam drum berlawanan arah. Air bagian bawah menuju ke downcomers dan uap keluar dari atas drum ke superheaters.  Ketinggian air normal adalah di bawah garis tengah drum uap dan waktunya antara 5 dan 20 detik.
Pemisahan uap
Pemisahan uap / air di steam drum juga didasarkan pada perbedaan densitas air dan uap. Hal ini penting untuk kestabilan  aliran campuran air / uap. Hal ini sering diwujudkan dengan manifold (Header) yang dirancang untuk partisi aliran.Tahapan pemisahan yaitu pemisahan primer, pemisahan sekunder dan pengeringan. Gambar 4 menunjukkan gambar dari steam drum dan  pemisah uap.Dalam drum ini, pemisah utama adalah siklon (gambar 5). Dengan mengaktifkan ini campuran uap / air berputar-putar, yang menyebabkan air sulit untuk keluar dari siklon dan dengan demikian uap ringan bisa naik ke atas dan keluar dari siklon. Uap basah ini terus melalui pemisah sekunder (pengering), yang disebut demisters. Demisters adalah bundel dari layar yang terdiri dari banyak lapisan  kawat jala. Demisters menghapus dan menangkap tetesan yang tersisa yang mungkin telah melewati siklon. Air yang mengembun dari demisters ini kembali beredar melalui boiler proses sirkulasi.

Kemurnian uap dan kualitas
Kerusakan pengotor
Kotoran di uap menyebabkan deposito pada permukaan bagian dalam tabung. Perubahan tingkat perpindahan panas deposito pengotor menyebabkan superheater terlalu panas (CO3 dan SO4 yang paling berbahaya). Pisau turbin juga sensitif untuk kotoran (Na + dan K yang paling berbahaya). Sifat yang paling penting dari uap adalah:
• kualitas uap, Kadar air: persen berat uap kering atau uap air dalam campuran
• isi padat, kemurnian Steam: bagian per juta dari padatan pengotor dalam uap
Kualitas uap
Garam yang terlarut dalam air umpan harus dicegah masuk ke dalam superheater dan turbin. Tergantung pada jumlah garam terlarut, beberapa pengotor bisa terjadi pada permukaan bagian dalam turbin atau pada permukaan bagian dalam dari tabung superheater juga. Kandungan air setelah evaporator (sebelum superheaters) harus << 0,01% berat (persen berat) untuk menghindari pengendapan pengotor pada permukaan ban dalam. Jika boiler yang dimaksud adalah subkritis tekanan tinggi atau boiler superkritis, persyaratan uap kemurnian yang tinggi (diukur dalam bagian per miliar).
Kemurnian uap
Konsentrasi pengotor pada air boiler, misalnya Jika konsentrasi boiler pengotor air adalah 500 ppm dan tingkat kelembaban di uap (boiler setelah) 0,1%, kandungan padatan dalam uap (boiler setelah) adalah 500 ppm * 0,1% = 0,5 ppm.

Blowdown kontinyu
Ketika air beredar dalam uap menghasilkan sirkuit dan uap meninggalkan drum dan feedwater untuk menggantikan uap keluar. Hal ini menyebabkan bertambanhnya konsentrasi endapan kotoran.
Untuk terus menghapus kumulatif jumlah endapan terkonsentrasi blowdown kontinyu pipa adalah digunakan untuk meniup akumulasi keluar dari drum dan ke dalam "blowdown kontinyu tank "



2 komentar:

arifinindiradwimitra@gmail.com mengatakan...

artikel yang baik sangat bermanfaat dan membantu, trimakasih
https://www.jualboiler.com/2018/09/04/jual-boiler-pabrik-kelpa-sawit/

Tommy mengatakan...

Menjual berbagai macam jenis Chemical untuk cooling tower chiller dan waste water treatment untuk info lebih lanjut tentang produk ini bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com terima kasih

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Web Hosting